• English
  • Bahasa Indonesia

Talkshow di Banjarnegara, Fritz Jelaskan Peran Anak Muda Mengawal Demokrasi Era Digital

Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar saat mengunjungi Bawaslu Banjarnegara menjelaskan peran anak muda dalam mengawal demokrasi di era digital, Jumat (1/10/2021).

Banjarnegara, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar mengatakan anak muda memiliki andil yang besar dalam mengawal demokrasi di era digital. Hal tersebut diutarakannya saat gelar wicara (talk show) di Bawaslu Kabupaten Banjarnegara bersama PWI Banjarnegara, Jumat (1/10/2021).

"Misalnya saja mereka bisa membuat konten-konten kreatif yang mencerahkan dan memberikan informasi-informasi yang baik," ujarnya.

Fritz menyebutkan anak muda dapat menggunakan berbagai aplikasi untuk memberikan pendidikan politik atau pendidikan kewarganegaraan. Terlebih lagi, saat ini sangat mudak mengakses informasi menggunakan internet.

"Kaum milenial dapat aktif dan kritis dalam menggunakan media sosial. Misalnya pada saat mengetahui adanya kabar bohong (hoaks), ada isu SARA, dan ujaran kebencian, kaum muda bisa ikut aktif melaporkan. Cukup dengan klik tanda titik tiga di konten tersebut lalu laporkan ke platform media sosial," imbaunya.

Tujuannya ujar pria lulusan University of New South Wales Australia itu agar konten yang tidak baik itu segera diturunkan. Selain itu, kata dia kaum milenial dapat berperan dalam mengawal proses pemilu.

"Misalnya, jika mengetahui adanya praktik politik uang maka mereka bisa melaporkan ke pengawas pemilu," tuturnya.

Ketua PWI Kabupaten Banjarnegara Sastro menambahkan minat penggunaan internet cukup tinggi. Hanya saja, dalam hal penggunaan literasinya masih rendah.

"Contohnya, saat menerima konten atau info di media sosial orang tak terbiasa untuk melakukan cek, ricek, verifikasi atau klarifikasi," ungkapnya.

Selain ke Bawaslu Banjarnegara, Fritz juga melakukan kunjungan ke Bawaslu Kabupaten Purbalingga dan Bawaslu Banyumas.

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu