• English
  • Bahasa Indonesia

Tutup Penguatan Kelembagaan Bawaslu, Bagja Minta Anggota Bawaslu Respons Cepat Masalah Kepemiluan

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja memberikan arahan dalam rangkaian penguatan lembaga dalam rangka penguatan kompetensi kepemimpinan di tingkat provinsi dan kabupaten/kota, di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (29/10/2023).

Lombok, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Rahmat Bagja menutup rangkaian penguatan lembaga dalam rangka penguatan kompetensi kepemimpinan di tingkat provinsi dan kabupaten/kota, di Lombok, Nusa Tenggara Barat Minggu (29/10/2023). Ia mengatakan Anggota Bawaslu dituntut untuk dapat melakukan pembagian waktu dengan efisien serta merespons dengan cepat terhadap pelanggaran dan masalah yang muncul.

"Dengan padatnya jadwal tahapan pemilu, pimpinan Bawaslu seringkali dihadapkan pada situasi di mana mereka harus mengambil keputusan penting dalam waktu singkat, " kata Bagja.

Menurutnya, manajemen waktu yang efektif membantu pimpinan Bawaslu untuk mempertimbangkan opsi dengan baik dan mengambil keputusan yang tepat waktu.

"Peningkatan pengawasan dan respons yang cepat terhadap pelanggaran pemilihan umum, Bawaslu dapat membantu mencegah konflik politik dan ketegangan yang dapat muncul akibat ketidaksetujuan terhadap hasil pemilihan," terangnya.

Bagja mengungkapkan proses pemilihan umum sering kali kompleks dan penuh dengan tantangan, seperti potensi pelanggaran, manipulasi, dan sengketa. Sehingga peserta pelatihan kepemimpinan ini, membekali anggota Bawaslu dengan keterampilan yang diperlukan untuk mengidentifikasi, mengatasi, dan melaporkan masalah tersebut dengan tepat.

"Pelatihan kepemimpinan adalah investasi penting dalam memastikan bahwa Bawaslu dapat menjalankan peran kritisnya dalam memelihara integritas demokrasi dan pemilihan umum yang adil di Indonesia. Ini membantu memastikan kepercayaan masyarakat dalam proses politik dan hasilnya," terangnya.

Sebelumnya Deputi Bidang Dukungan Administrasi Bawaslu Ferdinand Eskol Tiar Sirait menjelaskan maksud diadakannya penguatan kelembagaan tersebut untuk membantu mengembangkan keterampilan dan kompetensi pimpinan Bawaslu seluruh Indonesia yang diperlukan untuk menjalankan tugas-tugas pengawasan pemilihan umum dengan efektif.

Penulis: Rama Agusta
Editor: Hendi Purnawan

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

E-PANTAU Bawaslu

 

SAVERO Bawaslu

 

SIGAP Bawaslu

 

e-PANDUMAS

 
 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu