• English
  • Bahasa Indonesia

Webinar Bersama Pacific Forum International, Fritz Sampaikan Partisipasi Masyarakat di Pilkada 2020

Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar dalam webinar yang digelar Pacific Forum International, Kamis (24/6/2021)/foto: Publikasi dan Pemberitaan Bawaslu

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar mengikuti webinar Election of Covid 19 yang diadakan Pacific Forum Internasional. Dalam kesempatan itu, dia memaparkan evaluasi Pilkada 2020 yang dilaksanakan ditengah pandemi covid-19.

Menurutnya, pemilihan di 270 daerah dalam kondisi pandemi membawa dampak positif terhadap partisipasi masyarakat yang menggunakan hak suara. Berdasarkan data, terjadi peningkatan sebesar 7,03 persen. Pada pilkada 2015 lalu partisipasi 69,06 persen. Sedangkan pilkada 2020 naik menjadi 75,82 persen.

“Ketertarikan dan kepedulian masyarakat terhadap pesta demokrasi semakin membaik. Ini berkat kerjasama yang baik dari para stakeholder,” ungkapnya, Kamis, (24/6/2021).

Dalam menggelar pilkada, penyelenggara pemilu dibantu oleh banyak pihak. Diantaranya Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Tentara Negara Republik Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri).

“Terima kasih kepada beberapa pihak yang telah terlibat menyelenggarakan Pilkada Serentak 2020 dengan baik,” kata lelaki kelahiran Medan itu.

Meski demikian, lanjut Fritz, selama Pilkada Serentak 2020 di Indonesia terdapat 2.495 TPS yang tidak menyediakan fasilitas tempat cuci tangan.

“TPS tersebut tersebar di banyak wilayah di Indonesia. Data tersebut kemi temukan berdasarkan hasil pengawasan petugas di lapangan,” katanya.

Editor: Jaa Pradana
Fotografer: Hendi Purnawan

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu