• English
  • Bahasa Indonesia

Anggota Bawaslu RI - Lolly Suhenty, S.Sos.I., M.H.

 

 

 

Anggota Bawaslu RI - Lolly Suhenty, S.Sos.I., M.H.
Divisi: Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat

Lahir di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada 28 Februari 1978. Lolly Suhenty merupakan aktifis perempuan yang fokus menyuarakan isu perempuan, kesetaraan, antikorupsi, serta partisipasi. Ibu tiga anak ini juga dikenal sebagai aktifis muda Nahdlatul Ulama (NU).

 
Pada pendidikan formal, Lolly mengawali pendidikan SD di Palangkaraya. Dia tumbuh dewasa dalam lingkungan santri di Pondok Pesantren Ar Riyadh, Cianjur, Jawa Barat dari tahun 1990 sampai 1996. Selain belajar memakai metode ‘sorogan’ khas pendidikan pesantren, Lolly juga mengenyam pendidikan di sekolah negeri. Pada 1990 dia belajar di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Pacet, Cianjur dilanjutkan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pacet Cianjur. 
 
Pada pendidikan tinggi, Lolly memilih berkuliah di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Gunung Djati Bandung dengan mengambil jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) pada 1996-2001. Kemudian pada 2017, dia baru melanjutkan studinya di tingkat strata dua dengan mengambil jurusan Ilmu Hukum Universitas Pakuan Bogor. 
Kehidupan kampus yang penuh dengan dialektika ide gagasan membuat Lolly menjadi gemar dalam berorganisasi hingga menjadi aktifis perempuan. Di kampus IAIN Bandung, tercatat dia pernah menjadi pengurus Senat Mahasiswa Jurusan KPI Fakultas Dakwah IAIN Bandung, Ketua Studi Gender Badan Eksekutif Mahasiswa IAIN Bandung, dan Redaktur Berita Pers Mahasiswa Suaka Sunan Gunung Djati. 
 
Selanjutnya pengalaman organisasi Lolly semakin bekembang diluar kampus. Dia menjadi pengurus Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Bandung Raya. Dia juga aktif di sejumlah organisasi, antara lain Pengurus ALIMAT yakni Koordinator Divisi Dokumentasi, Informasi, dan Publikasi, pengurus pusat Fatayat Nahdlatul Ulama Bidang Advokasi, Politik, dan Hukum serta Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) di Jawa Barat.
 
Sebelum terjun ke bidang kepemiluan, Lolly pernah menjadi tenaga ahli Dewan Perwakilan Rakyat (DPD) RI. Lolly juga aktif di berbagai lembaga swadaya masyarakat yang bergerak di bidang pemberdayaan perempuan. Dia pernah menjabat sebagai Sekretaris Eksekutif Kaukus Perempuan Parlemen RI. Dia juga sempat mengemban jabatan sebagai Sekretaris Eksekutif Kaukus Perempuan DPD RI, hingga aktif di Divisi Advokasi Kebijakan Publik Sekretariat Nasional Koalisi Perempuan Indonesia.
 
Pengalaman di bidang kepemiluan, Lolly pernah menjadi Timsel Calon Anggota Panwaslu Kab/ Kota Se- DKI Jakarta (2016), Timsel Calon Anggota Panwaslu Kabupaten/ Kota (Mentawai, Kampar, Musi Banyuasin, Mesuji, Bekasi, Jepara, Batang, Tapin, Kupang, Bau- Bau dan Sampang, 2010 dan 2012). Pada tahun 2018, dia terpilih menjadi anggota Bawaslu Provinsi Jawa Barat periode 2018-2023. Lolly mengampu Divisi Hubungan Masyarakat.
 
Selanjutnya melalui advokasi dan pendidikan, Lolly bersama rekan-rekan serta organisasi yang digelutinya telah lama memperjuangkan keterwakilan 30 persen keterwakilan perempuan di parlemen. Berbekal pengalaman panjangnya itu, Lolly juga membawa visi kesetaraan dan keadilan gender dalam uji kelayakan dan kepatutan calon anggota Bawaslu 2022-2027.
 
Riwayat Pendidikan
- SDN Palangka 19 Palangkaraya, Tahun 1984
- MTsN Pacet Cianjur, Tahun 1990
- MAN Pacet Cianjur, Tahun 1993
- S1 IAIN Sunan Gunung Djati Bandung, Tahun 1996
- S2 Universitas Pakuan Bogor, Tahun 2017
 
Pengalaman Pekerjaan
- Sekretariat Nasional Koalisi Perempuan Indonesia
- Sekretaris Eksekutif Kaukus Perempuan Parlemen DPD RI
- Sekretaris Eksekutif Kaukus Perempuan Parlemen Indonesia
- Tenaga Ahli DPD RI
- Tim Pemeriksa Daerah Unsur Bawaslu DKPP
- Koordinator Divisi Humas Bawaslu Jawa Barat
 
Pengalaman Organisasi
- PP Fatayat Nahdlatul Ulama
- Jaringan ALIMAT Gerakan Kesetaraan dan Kedaulatan Keluarga Indonesia
- Koalisi Perempuan Indonesia
- PMII Cabang Bandung Raya
 
Penghargaan
- Pengelola Media Sosial Terbaik I 2021, Bawaslu RI

 

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

E-PANTAU Bawaslu

 

SAVERO Bawaslu

 

SIGAP Bawaslu

 

e-PANDUMAS

 
 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu