• English
  • Bahasa Indonesia

Bagja Ajak Mahasiswa UIN Antasari Kawal Demokrasi Indonesia

Anggota Bawaslu Rahmat Bagja saat memberikan sambutan mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin, Jumat 8 November 2019/Foto: Bhakti Satrio

Banjarmasin, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Rahmat Bagja mengajak mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin untuk mengawal demokrasi di Indonesia. Salah satu peran mahasiswa yang dianggapnya penting dalam mengawal demokrasi adalah dengan tidak takut untuk mengritik pemerintah jika menemukan keganjilan.

"Jadi kalau sampai saat ini kita masih merasakan ketidakadilan maka pertanyaan itu bukan untuk dijawab dengan sistem. Akan tetapi, dijawab dengan memperbaiki kondisi moral masyarakat. Siapa yang punya tanggung jawab? Ya teman-teman ini," ujarnya di hadapan mahasiswa UIN Antasari, Kalimantan Selatan, Jumat (8/11/2019).

Hematnya, dalam demokrasi yang ada saat ini, terdapat peran serta kepala daerah. Oleh sebab itu, dia juga mengajak mahasiswa untuk mengawasi Pilkada Serentak 2020 agar dapat terciptanya demokrasi yang ideal.

Dalam mengawasi pilkada, Bagja mengimbau mahasiswa untuk tidak takut melakukan kritik dan melaporkan jika terjadi pelanggaran yang dilakukan baik oleh penyelenggara pemilu maupun peserta pilkada.

"Anda harus mengubah kebiasaan ini. Mengubah budaya demokrasi kita ke arah yang lebih baik karena kami inginkan teman-teman menjadi aktor penting dalam demokrasi," jelas Bagja.

Senada dengan Bagja, Rektor UIN Antasari Mujiburahman mengatakan, Bawaslu sendirian tidak akan mampu untuk mengawal demokrasi di Indonesia. "Ini dosa kolektif. Maka kita harus mengingatkan diri kita semua dan memaksimalkan peran yang mungkin bisa kita lakukan untuk menyehatkan demokrasi kita," pungkasnya.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Bhakti Satrio

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Minggu, 3 November 2019 WIB
Tempat :
Lombok
Waktu:
Jumat, 25 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 22 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Batam
Waktu:
Rabu, 30 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 29 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta

Video Bawaslu

BAWASLU Memanggil - Rekrutmen PANWASCAM Pilkada 2020
BAWASLU Memanggil - Rekrutmen PANWASCAM Pilkada 2020

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu