• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Dorong Pemilu 2024 Lebih Responsif Gender

Anggota Bawaslu Lolly Suhenty dalam diskusi secara dari dengan tema Perempuan dalam Percaturan Politik Indonesia: Posisi dan Negosiasi Agenda Kepentingan, Jumat (27/10/2023).




Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Lolly Suhenty mengatakan Bawaslu mendorong Pemilu 2024 lebih responsif dan inklusif gender. Untuk saat ini, kata dia, telah ada kemajuan terkait keterwakilan perempuan, misalnya secara regulasi.

"Meskipun, sama-sama menyadari masih ada gap (celah) antara sesuatu yang tertulis dengan kenyataan atau realitanya," katanya dalam diskusi secara dari dengan tema Perempuan dalam Percaturan Politik Indonesia: Posisi dan Negosiasi Agenda Kepentingan, Jumat (27/10/2023).

Dalam kesempatan itu, dia menjelaskan, di Bawaslu saat ini telah melakukan perubahan Perbawaslu nomor 4 Tahun 2022 sebagai perbaikan revisi terbatas dari Perbawaslu Nomor 19 tahun 2017, tentang pembentukan, pemberhentian, dan penggantian antarwaktu Bawaslu provinsi sampai level pengawas pemilu di tingkat TPS.

"Sebelumnya di Bawaslu belum ada kaidah atau norma yang menyatakan memperhatikan 30% keterwakilan perempuan, kemudian perubahan Perbawaslu ini harus dimaknai positif meskipun narasinya belum memastikan keterlibatan 30% atau memprioritaskan keterwakilan perempuan 30%," ujarnya.

Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga Zakiyuddin Baidhawy mengakui peran perempuan semakin terbuka dan terjadi peningkatan yang signifikan baik saat pemilihan kepala daerah atau pemilihan legislatif. "Tahun 2015 ada 8,7% perempuan terpilih dalam pilkada, lalu pada Pilkada 2018 ada 9.06% sebagai kepala daerah atau wakil kepala daerah," katanya.

Penulis: Robi Ardianto
Editor: Bhakti Satrio W

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu