• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Susun Pedoman Pembentukan Panwascam Pemilu 2024

Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda memberikan arahan dalam Rakor Pembentukan Panwascam di Sumatra Utara, Minggu (14/8/2022)/foto: Publikasi dan Pemberitaan Bawaslu.

Medan, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Bawaslu mulai menyusun naskah pedoman penyusunan Pengawas Pemilu tingkat Kecamatan (Panwascam). Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda berharap naskah tersebut bisa segera selesai karena adanya Panwascam sangat dibutuhkan untuk segera mengawasi tahapan Pemilu 2024.

"Secepatnya kita membentuk Panwascam, karena tugas Panwascam sudah sangat dibutuhkan dalam mengawasi tahapan pemilu yang saat ini sudah masuk pada verifikasi administrasi partai politik (parpol) dan tak lama lagi akan dilakukan pemutakhiran data pemilih,” tegas Herwyn dalam Rapat Koordinasi Pembentukan Panwascam di Sumatra Utara, Minggu (14/8/2022).

Dia mengungkapkan beberapa kendala krusial yang dihadapi saat akan merekrut pengawas di tingkat adhoc tersebut. Beberapa kendala itu diantaranya terkait dengan Panwascam yang berlatar Aparatur Sipil Negara (ASN) bekerja penuh waktu bagi ASN atau PNS.

β€œIni tentunya sangat berat bagi ASN atau pegawai lainnya, dia menjadi pengawas pemilu dengan durasi waktu tugas yang tak lama, namun dia harus berhenti sementara dari ASN," ungkap Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Organsisasi serta Pusdiklat Bawaslu itu.

Kendala lain, sebut Herwyn, terkait masalah usia dan syarat sehat jasmani dan rohani. Menurutnya, di kecamatan untuk Puskesmas belum ada prasarana atau alat untuk memeriksa syarat sehat jasmani dan rohani. "Inilah yang akan menjadi perhatian serius kami dalam konteks rekrutmen badan adhoc,” kata dia.

Herwyn menegaskan posisi Panwascam sangat strategis. Pasalnya, salah satu kewenangan badan ad hoc ini bisa merekomendasikan pemilihan ulang ketika terjadi persoalan pada saat pemungutan suara.

"Untuk itu, dalam rekrutmen nanti, diharapkan Bawaslu Kabupaten/Kota dapat menyeleksi dan memilih orang orang yang kapasitas, kapabilitas dan berintegritas dalam menjalankan tugasnya sebagai pengawas pemilu,” tegas Herwyn.

Editor: Jaa Pradana
Fotografer: Abdul Hamid

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu