• English
  • Bahasa Indonesia

Dewi Harap Peran Perempuan dalam Pemilihan 2024 Semakin Berpengaruh

Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo ketika menjadi narasumber dalam Dialog Terbuka bertema Demokrasi dan Perempuan di Perbatasan Kaltara di Tanjung Selor, Kalimantan Utara (Kaltara) Senin malam (22/3/2021). Foto : Humas Bawaslu Kaltara
Tanjung Selor, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo melihat peran perempuan sudah semakin diakui terlebih dalam perjalanan demokrasi Indonesia. Terlebih Dewi melihat peran perempuan dalam demokrasi sudah ada di lingkup penyelenggara, peserta pemilu dan pemantau.
 
“Dalam Pemilu dan Pilkada Tahun 2024 kita (perempuan) harus ikut kontestasi baik itu sebagai penyelenggara, peserta pemilihan baik DPR dan maupun Kepala Daerah," kata Dewi dalam Dialog Terbuka bertema Demokrasi dan Perempuan di Perbatasan Kaltara di Tanjung Selor, Kalimantan Utara (Kaltara) Senin malam (22/3/2021).
 
Dosen Fakultas Hukum Universitas Tadulako ini mengatakan di era demokrasi peran perempuan dalam dunia politik semakin penting. Sebab, lanjut Dewi, suara perempuan bisa dipergunakan untuk  mempengaruhi kebijakan-kebijakan yang berpihak kepada perempuan. 
 
“Jadi misalnya persoalan pendidikan, kesehatan, lingkungan bersih, serta hal-hal yang memberikan kenyamanan dan keamanan kepada perempuan,” ungkapnya.
 
Dewi pun menambahkan dalam dunia politik, perempuan tidak boleh hanya duduk manis dan menerima kenyataan. Perempuan kelahiran Palu ini berharap perempuan bisa berbenah untuk mempersiapkan kualitas diri bersaing dengan kaum laki-laki dalam pemilihan 2024 mendatang.
 
“Hanya ada dua negara yang sukses menggelar pilkada di masa covid-19 tanpa menambahkan klaster baru yaitu Korea Selatan dan Indonesia,” kata Dewi.
 
Penulis : Rizal (Humas Bawaslu Kaltara)
Editor : Reyn Gloria 
 
 
 
 
Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu