• English
  • Bahasa Indonesia

Diskusi Netralitas ASN dengan Ombudsman dan KASN, Puadi Buka Data Pelanggaran dan Faktor Penyebab

Anggota Bawaslu Puadi (paling kanan) saat berdiskusi mengenai pelanggaran netralitas ASN dengan Anggota Ombudsman RI Robert Na Endi Jaweng (kedua dari kiri) dan Anggota KASN Arie Budhiman (ketiga dari kiri) di Gedung Ombudsman, Jakarta, Selasa 31 Mei 2022/Foto: Pemberitaan dan Publikasi Bawaslu RI

Jakarta, Badan Pengawas pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Puadi memaparkan data pelanggaran netralitas aparatur sipil Negara (ASN) pada Pemilu 2019 lalu. Total temuan pelanggaran netralitas ASN Pemilu 2019, kata Puadi terdapat 914 temuan. Dia pun menyebutkan tiga faktor penyebab maraknya pelanggaran netralitas ASN dalam pemilu maupun pemilihan gubernur, bupati, dan wali kota (pemilihan).  

"Laporannya ada 85, diprosesnya ada empat, yang  bukan termasuk pelanggaran terdapat 101, dan rekomendasinya ada 894 dari temuan," katanya dalam diskus bersama Ombudsman dan Komisi ASN (KASN) di Gedung Ombudsman, Jakarta, Selasa (31/5/2022).

Baca juga: Lawan Berita Bohong, Bawaslu Akan Gandeng Konten Kreator 

Bentuk ketidaknetralan ASN pada Pemilu 2019, menurut Puadi bermacam-macam. Dirinya mencontohkan, ada ASN yang memberikan dukungan melalui media sosial atau media massa,  ASN melakukan pendekatan tau mendaftarkan diri pada salah satu partai politik.  Lalu, ada juga, ASN mendukung salah satu bakal calon, dia melanjutkan, misalnya perangkat desa memberikan dukungan kepada salah satu bakal calon, ASN mendeklarasikan diri sebagai bakal calon pemerintah daerah, ASN sosialisai bakal calon melalui APK, dan lainnya.

"Contoh kasus netralitas ASN pada Pemilu 2019 yang dinyatakan bersalah oleh pengadilan yakni ada yang berperan sebagai moderator kampanye tatap muka caleg DPRD kabupaten dan turut aktif menjawab pertanyaan peserta kampanye. Kemudian di akhir kampanye berfoto. Akhirnya orang tersebut dijatuhi pejara selama 6 bulan masa percobaan," ujarnya.

Baca juga: Bawaslu Bahas Konsep Penanganan Pelanggaran Netralitas ASN dalam Pemilu

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Data dan Informasi Bawaslu tersebut  menyoroti banyaknya pelanggaran netralitas ASN yang masih saja terus terjadi baik pada pemilu dan pemilihan kendati berbagai aturan yang melarang ketidaknerralan ASN dalam politik praktis. “Diskusi dan sosialisasi terkait larangan tersebut telah kerap kali dilakukan, tetapi pelanggaran netralitas ASN masih saja terus terjadi,” imbuh dia.

Lelaki kelahiran Bekasi, Jawa Barat 4 Januari 1974 tersebut pun membagi tiga faktor penyebab pelanggaran netralitas ASN. Pertama, ketidaktahuan atau minim informasi ASN bahwa sikap dan tindakannya sudah dapat dikatagoruksn sebagai pelanggaran netralitas. Kedua, adanya intimidasi atau tekanan kepada ASN untuk mendukung kandidat tertentu. Ketiga, secara sadar memberikan dukungan kepada rekan, keluarga dan atau atasannya dengan harapan mendapatkan promosi jabatan. “Fenomena ketidaktahuan marak terjadi seiring dengan perilaku sebahagian perilaku bermedia sosial termasuk ASN,” beber mantan Angggota Bawaslu Provinsi DKI Jakarta itu.

Dia menegaskan, maraknya pelanggaran netralitas ASN yang terjadi pada Pemilihan tahun 2020 menjadi tantangan tersendiri karena ASN memiliki tugas melayani masyarakat. Akibat pelanggaran netralitas ini, Puadi menjelaskan, ASN cenderung membeda-bedakan pelayanan yang diberikan terutama kepada para pendukung atau bukan pendukung kandidat. "Pelanggaran ASN menjadi berita yang menjadi sorotan publik di pemilu terutama Penilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota,” tuturnya.

Baca juga: Puadi Harap Adanya Penanganan Pelanggaran Pemilu Berbasis Keadilan Restoratif

Sementara itu, Anggota KASN Arie Budhiman menyebutkan data pelanggaran netralitas ASN pada Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota Tahun 2020 terdpat 2.034 ASN yang dilaporkan, kemudian dari laporan tersebut terdapat 1.596 ASN yang terbukti melanggar dan dijatuhi sanksi.  "Nah dari angka tersebut yang telah ditindaklanjuti dengan penjatuhan sanksi adalah 1.373 ASN. Ini adalah capaian yang cukup signifikan," ujanya.

Editor: Ranap THS

Fotografer: Robi Ardianto

 

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu