• English
  • Bahasa Indonesia

Evaluasi Aplikasi Berbasis Elektronik, Puadi: untuk Tingkatkan Kualitas Layanan Publik

Anggota Bawaslu Puadi (memegang mikrofon) saat memberikan sambutan dalam Evaluasi Sistem Elektronik dan Infrastruktur Penunjang di Lingkungan Bawaslu hari Kamis di Cikarang, Jawa Barat, Kamis (8/12/2022) malam/Foto: Pemberitaan dan Publikasi Bawaslu RI

Cikarang, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Demi meningkatkan pelayanan publik, Bawaslu melakukan evaluasi terhadap aplikasi 'online'. Anggota Bawaslu Puadi mengungkapkan, hal ini dapat memperbaiki jaringan infrastruktur berbasis elektronik mulai dari pemetaan berita, sistem pemantauan (monitoring) sekaligus evaluasi, dan pembelajaran jarak jauh.

“Evaluasi ini kita lakukan untuk (menunjang pelayanan Bawaslu) dalam Pemilu 2024 mendatang serta meningkatkan pelayanan publik dari Bawaslu,” ucap Puadi dalam pembukaan Evaluasi Sistem Elektronik dan Infrastruktur Penunjang di Lingkungan Bawaslu hari Kamis di Cikarang, Jawa Barat, Kamis (8/12/2022) malam.

Dia menambahkan, fasilitas pembangunan beberapa aplikasi seperti 'media monitoring' menjadi perhatian penting dalam kelembagaan Bawaslu. “Aplikasi 'media monitoring' dapat memberikan pemetaan pemberitaan di media sosial tentang Bawaslu,” ucap dia.

Selain itu, Puadi juga memberitahukan akan membuat sistem pembelajaran jarak jauh seperti bimbingan teknis (bimtek), sosialisasi dan pelatihan. “Kita akan memfasilitasi pembelajaran jarak jauh, produk dari aplikasi ini yaitu bimtek, sosialisasi, dan pelatihan,” tegasnya.

Puadi berharap, evaluasi ini dapat meningkatkan pola kerja dan koordinasi dengan para pemangku kepentingan di setiap tahapan Pemilu 2024. “Diharapkan dapat mendorong peningkatan pola kerja sesama instansi pemerintah serta berkoordinasi dengan 'stakeholder' dan masyarakat untuk mencapai tujuan bersama,” tuturnya.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Jaka Fajar

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu