• English
  • Bahasa Indonesia

Fritz Kecewa Banyak Kasus Politik Uang Berhenti di Tengah Jalan

Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar saat memberikan sambutan dalam peluncuran buku Keadilan Pemilu: Potret Penegakan Hukum dan Pilkada di Jakarta, Kamis 7 November 2019/Foto: Hendi Purnawan

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar menyatakan rasa kecewa dengan banyaknya kasus politik uang pada Pemilu 2019 tidak ada kejelasan atau berhenti di tengah jalan. Dari 380 putusan yang berkekuatan hukum tetap (inkracht) oleh putusan pengadilan, baik oleh pengadilan negeri (PN) atau pengadilan tinggi (PT), menurutnya hanya ada 45 putusan terkait politik uang.

“Kami tidak puas dengan hasil tersebut. Kasus politik uang banyak berhenti ketika masuk proses penindakan atau penuntutan,” ungkapnya dalam peluncuran buku Keadilan Pemilu: Potret Penegakan Hukum dan Pilkada di Jakarta, Kamis (7/11/2019).

Kekecewaan Fritz tersebut didasari pengawas di lapangan banyak menemukan peserta pemilu yang melakukan pelanggaran pemilu lewat politik uang ketika masa kampanye dan masa tenang pada Pemilu 2019 lalu. "Pengawas ambil tindakan dan melaporkan kepada pihak yang berwajib. Namun tidak menemui titik terang karena regulasi yang kurang jelas," sebutnya.

“Saya harap ke depan ini tidak terjadi lagi. Beberapa pihak terkait harus satu pemahaman ketika menyikapi politik uang,” tambah Fritz.

Terkait Buku Keadilan Pemilu, Koordinator Divisi Hukum, Data, dan Informasi Bawaslu ini menambahkan, belum pernah menemukan buku yang membahas secara detail terkait pengawasan dan keadilan pemilu. Dirinya mengaku, biasanya penulis buku pemilu hanya membahas terkait ambang batas parlemen, proporsional terbuka maupun tertutup dan kewenangan eksekutif maupun yudikatif.

“Buku ini menambah pengetahuan bagi pembaca untuk melihat persoalan penegakan hukum yang lebih dalam,” ungkapnya.

Perlu diketahui, buku setebal 315 halaman dan 12 bab ini ditulis Ketua Bawaslu DKI Jakarta Jufri dan Hakim PTUN Bandar Lampung Ivan Mawardi.

Jufri menceritakan, buku yang dia tulis merupakan kumpulan dari berbagai diskusi dengan berbagai pihak ketika penyelenggaraan Pemilu 2019. Termasuk pengalaman dia beserta jajarannya dalam mengawasi tahapan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Peluncuran buku ini dihadiri oleh Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Muhammad, Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini, Koordinator Komite Pemilih Indonesia (TePI), Jerry Sumampouw, dan penggiat pemilu lainnya.
 
Editor: Ranap THS

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Minggu, 3 November 2019 WIB
Tempat :
Lombok
Waktu:
Jumat, 25 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 22 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Batam
Waktu:
Rabu, 30 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 29 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta

Video Bawaslu

BAWASLU Memanggil - Rekrutmen PANWASCAM Pilkada 2020
BAWASLU Memanggil - Rekrutmen PANWASCAM Pilkada 2020

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu