• English
  • Bahasa Indonesia

Hari Pertama Verfak Parpol, Pimpinan Bawaslu Maraton Lakukan Pengawasan

Anggota Bawaslu Lolly Suhenty (tengah) mengawasi pengecekan KTP kepengurusan Partai Garuda di Kantor DPP Garuda Jakarta Pusat, Sabtu (15/10/2022)/foto: Publikasi dan Pemberitaan Bawaslu
Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Tiga pimpinan Bawaslu (Rahmat Bagja, Lolly Suhenty, dan Puadi) melakukan pengawasan verifikasi faktual (verfak) partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2024, Sabtu (15/10/2022). Kunjungan pengawasan ini melingkupi Partai Gelora, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Soliditaritas Indonesia (PSI), Partai Ummat, dan Partai Kebangkitan Nasional (PKN). 
 
Ketua Bawaslu Rahmat Bagja mengawali pengawasan verifikasi faktualnya dengan mengunjungi Partai Gelora. Kehadirannya, bersamaan dengan Ketua KPU Hasyim Asy'ari, dengan sama-sama melakukan konvoi kendaraan bermotor roda dua. 
 
Di sana, Bagja disambut jajaran pengurus Partai Gelora beserta Anggota KPU Betty Epsilon Idroos dan juga Yulianto Sudrajat yang terlebih dahulu hadir. 
 
Dalam verfak tersebut, Bagja menyimak betul penjelasan pengurus Partai Gelora dan mengecek langsung proses Verifikasi Faktual yang tengah dijalankan oleh KPU. Usai dari situ, Bagja melanjutkan verifikasi faktualnya bersama Ketua KPU, ke DPP Partai Hanura. 
 
Pada jam berikutnya, Anggota Bawaslu Lolly Suhenty ditemani jajaran staf Bawaslu, mengunjungi DPP Partai Garuda. Kedatangannya berbarengan dengan
Anggota KPU Betty Epsilon Idroos dan juga Yulianto Sudrajat. 
 
Sama halnya seperti Bagja, Lolly menyimak dengan baik penjelasan pengurus Partai serta mengamati proses verfak yang dijalankan oleh KPU. Dia juga membubuhkan tandatangan berkas verifikasi faktual bersama Komisioner KPU. Dari situ, Lolly melanjutkan kunjungannya ke Partai terakhir ke Partai Buruh.
 
Dalam konferensi pers, Bagja menerangkan verikasi faktual juga berlangsung pada tingkat provinsi dan kab/kota. "Seluruh jajaran Bawaslu di provinsi dan kabupaten/kota melakukan pengawasan melekat bersama KPU pada tahapan verifikasi faktual," ungkapnya saat mengawasi verfak Partai Hanura, di Kawasan Jakarta Pusat. 
 
Sementara Anggota Bawaslu Puadi tiba di lokasi kantor Dewan Pengawasan Pusat (DPP) PSI sekira pukul 13:00 WIB. Dia turut membubuhkan tanda tangan pengesahan hasil verifikasi faktual di samping tanda tangan dua Anggota KPU yakni August Mellaz dan Idham Holik. 
 
Sekira pukul 15:30 WIB, Puadi menyambangi kantor sekretariat Dewan Pimpinan Nasional PKN yang juga ada August Mellaz dan Idham Holik. Puadi sempat melakukan pengawasan dan pengecekan kesesuaian kartu tanda penduduk dan kartu tanda anggota (KTA) yang tercantum sebagai jajaran pengurus teras PKN. 
 
Perlu diketahui, verfikasi faktual hari pertama ini melingkupi pengecekan pengurusan parpol, alamat domisi kantor, dan keterpenuhan 30 persen perwakilan perempuan.
 
Fotografer: Robi Ardianto/ Reyn Gloria
Editor: Jaa Pradana
Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu