• English
  • Bahasa Indonesia

IKP Muba 2017 Diluncurkan

Palembang, Badan Pengawas Pemilu - Guna mengantisipasi adanya pelanggaran dalam Pilkada di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Bawaslu Sumsel meluncurkan Indeks Kerawanan Pilkada (IKP) Muba 2017.

Ketua Bawaslu Sumsel Andika Pranata Jaya menjelaskan, berdasarkan IKP yang dipetakan di 14 kecamatan tersebut, KabupatenĀ Muba rata-rata berada pada zona sedang kerawanan Pilkada. IKP ini, kata Andika, diukur dengan tiga dimensi yaitu penyelenggaraan, kontestasi, dan partisipasi.

"IKP ini untuk memotret Pilkada di Muba sehingga menjadi alat ukur untuk menciptakan rekayasa penyelesaian persoalan sehingga mendapatkan referensi . Bukan hanya untuk penyelenggara namun juga untuk pihak keamanan maupun pemerintah," jelas Andika dalam kegiatan FGD Peluncuran IKP Muba 2017 di Hotel Batiqa Palembang, Kamis (30/6).

Andika juga menyatakan, beberapa kecamatan di Muba ada yang masuk ke dalam zona merah. Hal tersebut disebabkan adanya kerawanan yang mungkin akan terjadi pada Pilkada 2017.

"Ada lima kecamatan yang masuk ke zona merah. Lima kecamatan ini diupayakan untuk dikeluarkan dari zona merah. Sementara kecamatan lainnya yang tidak di zona merah diupayakan jangan sampai masuk zona merah," katanya.

Pimpinan Bawaslu RI Daniel Zuchron yang turut hadir dalam acara tersebut menegaskan IKP ini bukan untuk meramal Pilkada di masa yang akan datang melainkan sebagai upaya pengamatan yang ditujukan untuk mengantisipasi pelanggaran yang mungkin saja bisa terjadi.

"Pengawas Pemilu bukan peramal. Kita hanya menggunakan penelitian yang berbasis pada data di lapangan," ujar Daniel.

Pengawas Pemilu, sambungnya, inginĀ  menyelematkan Pilkada Muba. Bukan hanya untuk pelaksanaannya saja melainkan agar masyarakat yang memiliki hak memilih mendapatkan haknya secara hakiki.

"Pastikan di Muba ini tidak terjadi pelanggaran maupun kerusuhan. Muba harus lebih siap," pungkasnya.

Penulis/Foto: Pratiwi

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu