• English
  • Bahasa Indonesia

KPU: Pilkada Dilangsungkan 15 Februari 2017

Komisi Pemilihan Umum (KPU) merilis tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2017, Senin (15/2), di Hotel Aryaduta, Jakarta.

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu – Komisi Pemilihan Umum (KPU) merilis tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2017. Dalam acara konferensi pers yang dilakukan oleh KPU, Senin (15/2), di Hotel Aryaduta, Jakarta, disampaikan bahwa hari pemungutan dan penghitungan suara jatuh pada tanggal 15 Februari 2017.

“Pemilihan Kepala Daerah Gelombang Kedua akan dilaksanakan pada 15 Februari 2017, atau tepat setahun dari hari launching ini,” ujar Ketua KPU Husni Kamil Manik.

Pada Pilkada serentak gelombang kedua ini akan  digelar di 7 (tujuh) provinsi, 18 (delapan belas) kota, dan 76 (tujuh puluh enam) kabupaten. Jika dilihat dari akhir masa jabatan Gubernur dan wakil gubernur, terdapat 8 provinsi, namun mengingat Provinsi DIY tidak melaksanakan pemilihan maka hanya akan dilaksanakan di tujuh provinsi antara lain, Aceh, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Banten, Gorontalo, Sulawesi Barat, dan Papua Barat.

Sesudah merilis jadwal Pilkada, KPU juga menggelar evaluasi pelaksanaan Pilkada 2015 dengan menghadirkan beberapa tokoh diantaranya Guru Besar FISIP Universitas Airlangga Ramlan Surbakti, Guru Besar FH Universitas Indonesia Topo Santoso, Direktur Perludem Titi Anggraini, Peneliti ICW Donal Fariz, Koordinator JPPR Masykuruddin Hafidz, serta Ketua Bawaslu Muhammad.

“Pertemuan ini dimaksudkan agar mendapat masukan-masukan terkait perbaikan regulasi Pilkada ke depan. Kami berharap masukan-masukan ini juga dapat menjadi bahan advokasi dalam revisi UU No. 8 Tahun 2015 (tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota),” tambah Husni.

 

Penulis           : Falcao Silaban

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu