• English
  • Bahasa Indonesia

Pimpin Apel Sore, Totok:Perlunya Hukum Keseimbangan dan Penguatan Kelembagaan Bawaslu

#SahabatBawaslu Anggota Bawaslu Totok Hariyono menegaskan perlu ada keseimbangan dan penguatan kelembagaan Bawaslu. Hal ini disampaikannya saat memimpin apel sore di halaman kantor Bawaslu Provinsi Bengkulu, Jumat (27/05/2022).

Bengkulu, Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Bengkulu– Anggota Bawaslu Totok Hariyono menegaskan perlu ada keseimbangan dan penguatan kelembagaan Bawaslu. Hal ini disampaikannya saat memimpin apel sore di halaman kantor Bawaslu Provinsi Bengkulu, Jumat (27/05/2022).Anggota Bawaslu Totok Hariyono menegaskan perlu ada keseimbangan dan penguatan kelembagaan Bawaslu. Hal ini disampaikannya saat memimpin apel sore di halaman kantor Bawaslu Provinsi Bengkulu, Jumat (27/05/2022).

Layaknya hidup, ungkap Totok, memerlukan keseimbangan. Begitu pula dengan kelembagaan Bawaslu. Menurut Totok perlu ada keseimbangan di tengah fungsi dan tanggung jawab yang diamanahkan kepada Bawaslu.

“Dalam lima tahun terakhir kita patut bersyukur dengan perkembangan Bawaslu yang luar biasa dahsyat. Lembaga Bawaslu dari hari ke hari menjadi semakin kuat. Namun demikian harus tetap ada hukum keseimbangan. Jajaran harus berada dalam satu garis lurus, satu komando dan satu pemikiran. Ini hal yang harus selalu kita bangun," ucap Totok.

Masih berbicara tentang keseimbangan dan penguatan kelembagaan, Totok mengimbau seluruh jajaran untuk lebih memahami isi dari Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 yang didalamnya turut berbicara tentang posisi organisasi kelembagaan. Ia menegaskan perlunya pemahaman kembali terkait struktur organisasi yang terdiri dari Ketua, Anggota yang di support oleh Kesekjenan dan jajaran sekretariat.

“Ketua dan Anggota harus paham tugas dan fungsinya masing-masing. Begitu pula Sekretraris Jenderal memberikan dukungan administrasi kepada ketua, anggota dan seluruh unsur Bawaslu. Jangan terbalik," tegas Totok.

Terakhir, Totok berpesan agar tindak tanduk Bawaslu harus berdasarkan hukum dan aturan yang berlaku.
“Ini Negara hukum. Maka semua sepak terjang Bawaslu juga berdasarkan hukum. Kita saling mengingatkan, jangan saling menjatuhkan. Saling memberikan keharuman dan menjaga harkat serta martabat,” pungkasnya.

Sebagai informasi tambahan, apel sore ini juga diikuti oleh Ketua, Anggota dan jajaran sekretariat Bawaslu Kota Bengkulu dan Bawaslu Kabupaten Bengkulu Tengah.

Penulis: Perra WMB
Dok: Afif Pratama
Editor: Elvis Masril

Tag: 
Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu