• English
  • Bahasa Indonesia

Sambut Pilkada, Bawaslu Ajak Mahasiswa Unduh Gowaslu

Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar saat menjadi narasumber dalam kegiatan Seminar Menuju Pilkada Serentak 2020 yang Demokratis dan Konstitusional di Cikarang, Senin 17 Februari 2020/Foto: Humas Bawaslu RI

Cikarang, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Dalam menyambut Pilkada Serentak 2020 yang demokratis dan konstitusional, Bawaslu mengajak mahasiswa mengunduh Gowaslu.

Gowaslu yang telah diluncurkan Bawaslu sejak Agustus 2016 lalu merupakan aplikasi laporan pelanggaran Pilkada berbasis teknologi informasi (TI) untuk memudahkan masyarakat dalam mengirimkan laporan dugaan pelanggaran yang ditemukan dalam proses pelaksanaan pilkada.

Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar mengatakan di dalam aplikasi Gowaslu sistem online dalam memeriksa adanya laporan masuk dan tindak lanjut yang dilakukan. Hal tersebut menurutnya sekaligus membuktikan bahwa Bawaslu selalu ada mengawasi dalam setiap proses Pilkada Serentak 2020.

"Jadi masyarakat khusunya mahasiswa bisa dengan mudah melaporkan adanya temuan pelanggaran ditiap tahapan Pilkada," kata Fritz saat menjadi pembicara Seminar Menuju Pilkada Serentak 2020 yang Demokratis dan Konstitusional di Cikarang, Senin (17/2/2020).

Fritz menambahkan, mahasiswa dapat turut berpartisipasi dalam pengawasan partisipatif berbasis TI ini. Sebab mahasiswa di era milenial seperti sekarang ini sangat erat dengan teknologi informasi.

"Hanya dengan mendownload (mengunduh) aplikasi Gowaslu, mahasiwa sudah bisa terlibat dalam pengawasan partisipatif," terangnya.

Pada kesempatan itu juga, pria lulusan S2 Hukum Australia itu juga mengungkapkan pengawas pemilu atau pilkada tidak dapat bekerja sendiri guna mewujudkan Pilkada Serentak 2020 yang berintegritas. Oleh karena itu, dia mengajak kalangan intelektual kampus untuk terjun bergabung melakukan pengawasan.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Rama Agusta

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu