• English
  • Bahasa Indonesia

Segel Kotak Suara Terindikasi Dirusak

Ketua Bawaslu Muhammad mengecek segel kotak yang rusak TPS 02 Kecamatan Liliriaja, Kabupaten Soppeng, Rabu (9/12). Muhammad melaksanakan supervisi pemungutan dan penghitungan suara di Kabupaten Soppeng karena dinilai masuk zona merah rawan Pilkada.

Soppeng, Badan Pengawas Pemilu - Bawaslu menemukan adanya indikasi pelanggaran saat mengecek pergerakan kotak suara dari TPS yang didistribusikan ke Kecamatan Liliriaja, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan Rabu (9/12). Segel satu kotak suara di TPS 02 nampak telah dirusak

Mendapatkan kejadian tersebut, Ketua Bawaslu Muhammad yang sedang hadir dalam rangka supervisi, langsung memanggil pihak-pihak yang mendistribusikan kotak suara tersebut dari TPS ke kantor Kecamatan Liliriaja, Kabupaten Soppeng. Setelah diberikan beberapa pertanyaan, tidak ada pihak yang mengaku bertanggung jawab terhadap kerusakan tersebut.

Oleh karena itu, Muhammad memberikan saran agar KPU Kabupaten Soppeng segera mengundang beberapa pihak yang terlibat di TPS tersebut, untuk mengecek kevalidan form C1-KWK (berita acara penghitungan suara).

"Sebaiknya dipanggil saja saksi paslon nomor 1 dan 2, Pengawas TPS, PPL, KPPS dan keamanan untuk sama-sama kita buka kotak suara dan melihat apakah ada ketidaksesuaian antara form C1 yang berada dalam kotak dengan yang dipegang oleh masing-masing pihak," tambah Muhamamad.

Setelah dicek, memang tidak ada permasalahan yang cukup berarti, karena berita acara yang ada dalam kotak suara dengan berita acara yang dimiliki oleh masing-masing pihak sama dan tidak ada kejanggalan. Namun, atas kejadian tersebut Muhammad meminta agar semua pihak turut aktif menjaga kotak suara tersebut, supaya tidak terulang hal serupa di kemudian hari.

Sebelumnya, Muhammad juga menelepon Camat Liliriaja karena terdapat akses dari ruangannya langsung ke tempat penyimpanan kotak suara. Tanpa bermaksud mencurigai, namun Muhammad mengatakan hendaknya penyimpanan kotak suara steril dan diawasi dengan ketat.

 

Ketidakseragaman Penyegelan

Salah satu yang cukup menjadi permasalahan pada Pilkada di Soppeng adalah penyegelan kotak suara yang tidak seragam dan standar. Ada TPS yang menyegel kotak suara dengan segel yang menempel di amplop coklat tempat kunci gembok kotak suara. Ada juga beberapa kotak suara yang disegel ditambahkan dengan perekat lakban, tetapi ada juga kotak suara yang disegel secara benar yakni dengan segel di atas lubang kotak suara.

Walau bukan menjadi masalah besar, namun Muhammad mengingatkan agar para KPPS memahami prosedur yang telah ditetapkan. Pada intinya segel itu digunakan sebagai tanda kotak suara sudah ditutup dan selesai.

Bila nantinya terjadi masalah, maka Muhammad menyarankan agara semua pihak dihadirkan untuk mengecek valid atau tidaknya isi dari kotak suara tersebut dan diselesaikan agar tidak menimbulkan kecurigaan.

 

Penulis                               : Falcao Silaban

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu