• English
  • Bahasa Indonesia

Tanda Tangani MoU dengan Forum Rektor Perguruan Tinggi Muhammadiyah-Aisyiyah, Bagja Harap Mahasiswanya Jadi Pemantau di TPS

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja (kanan) saat menandatangai MoU dengan Forum Rektor PTMA, Jumat ( 2/2/2024).

Bantul, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Bawaslu dan Forum Rektor Perguruan Tinggi Muhammadiyah- Aisyiyah (PTMA) melakukan tanda tangan nota kesepahaman (MoU) tentang Partisipasi masyarakat dalam.penyelenggaraan dan pengawasan Pemilu dan Pilkada 2024. Ketua Bawaslu Rahmat Bagja menjelaskan banyak hal yang bisa diawasi menjelang masa tenang dan pemungutan Pemilu 2024.

"Banyak hal yang Bawaslu awasi saat ini baik itu terkait netralitas ASN,  penyelenggara pemilu, daftar pemilih, hingga nanti saat pemungutan dan penghitungan suara," kata Bagja seusai menandatangai MoU dengan Forum Rektor PTMA, Jumat ( 2/2/2024).

Bagja juga berharap melalui forum rektor tersebut dapat mengajak mahasiswanya menjadi pemantau pemilu di tempat pemungutan suara (TPS) pada 14 Februari mendatang. Pasalnya, kata dia, Pemilu dan Pemilihan 2024 perlu diawasi secara bersama demi terwujudnya pemilu yang jurdil dan bermartabat.

"Penghitungan suara kita itu akan memakan waktu yang panjang, yang patut kita awasi bersama jangan sampai ada suara gelap," ujarnya.

Ketua Forum Rektor PTMA Gunawan Budiyanto mengatakan kerja sama tersebut sebagai salah satu komitmen dari organisasi Muhammadiyah secara keseluruhan terhadap kualitas Pemilu 2024 mendatang.

" Salah satu bentuk komitmen dari muhamadiyah secara keseluruhan apakah itu Nasyiatul Aisyiyah, Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Angkatan Muda Muhammadidah, kampus, atau pun forum rektor sangat konsen terhadap kualitas pemilu 2024 mendatang," ujarnya.

Dia juga menegaskan tugas kampus atau perguruan tinggi tidak untuk dukung mendung, tetapi mengutaman kualitas dari proses pemilu tersebut.

"Kita (Forum Rektor PTMA) lebih mengutamakan kualitas dari proses yang berlangsung. Tugas kampus tidak untuk dukung mendukung," tegasnya.

Editor: Rama Agusta

Tag: 
Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu