• English
  • Bahasa Indonesia

Tes CAT Calon Anggota Bawaslu Provinsi, Bagja: Berikan yang Terbaik

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja didampingi Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda dan Puadi memantau langsung pelaksanaan uji kompetensi seleksi calon anggota Bawaslu provinsi dengan menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT) di BKN, Jakarta, Senin (18/7/2022).

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Bawaslu menyelenggarakan uji kompetensi seleksi calon anggota Bawaslu provinsi dengan menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT).  Sebanyak 2.375 peserta secara serentak melakukan tes ini di 25 provinsi.

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja berpesan, agar seluruh peserta dapat menjawab setiap soal dengan teliti dan benar. Sebab, kata dia, tes tersebut menggunakan komputer yang terdiri dari pilihan ganda dan essay.

"Berikan yang terbaik karena bapak ibu sedang melakukan tugas yang maksimal dan optimal. Biarkan Tuhan yang menyertai, sesuai dengan doa dan apa yang diharapkan," katanya di Kantor BKN, Jakarta, Senin (18/7/2022).

Dalam arahannya, Bagja pun menjelaskan dalam tes tulis ini, peserta akan diberikan waktu 130 menit untuk menjawab 100 soal pilihan ganda dan 5 soal essay. Dia meminta agar semua peserta dapat memakai waktu yang diberikan dengan baik. Menariknya dalam tes CAT terdapat kamera di setiap komputer untuk mengawasi para peserta.

"Ini upaya teman-teman BKN menghindari joki, jadi berdoa kemudian selesaikan dengan baik. semoga kita dapat bertemu di Bawaslu RI," ungkap Bagja.

Seperti yang diketahui calon anggota Bawaslu provinsi ini akan menjalani rangkaian tes mulai dari tes tertulis, tes kesehatan, dan wawancara. Seleksi dilakukan untuk memilih masing-masing tiga orang anggota Bawaslu di 25 provinsi yang akan berakhir masa jabatannya pada September 2022 mendatang.

Sebelumnya sekitar 2.348 orang lolos seleksi administrasi dan dapat mengikuti seleksi tertulis dan tes psikologi yang akan diselenggarakan pada Senin-Rabu, 18-20 Juli 2022.

Penulis/Foto: Reyn Gloria
Editor: Rama Agusta

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu