• English
  • Bahasa Indonesia

Totok Ajak Mahasiswa Luar Negeri Jadi Mitra Strategis Pengawasan Pemilu

Anggota Bawaslu Totok Hariyono menjadi narasumber dalam diskusi daring yang digelar Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) bertema Partisipasi Mahasiswa Indonesia di Luar Negeri dalam Menghadapi Pemilu, Kamis, (15/9/2022)/foto: Publikasi dan Pemberitaan Bawaslu.

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Totok Hariyono mengajak mahasiswa Indonesia di luar negeri untuk menjadi mitra Bawaslu dalam mengawasi Pemilu 2024. Hal tersebut dikatakannya dalam diskusi dalam jaringan (daring) yang digelar Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) bertema Partisipasi Mahasiswa Indonesia di Luar Negeri dalam Menghadapi Pemilu, Kamis, (15/9/2022).

"Bawaslu terus berupaya meningkatkan partisipasi mahasiswa untuk ikut dalam pengawasan pemilu atau sebagai mitra strategis Bawaslu, guna melakukan pencegahan terjadinya pelanggaran pemilu," katanya.

Totok memandang ketika partisipasi mahasiswa aktif dalam melaporkan setiap dugaan pelanggaran, maka kualitas keadilan pemilu juga meningkat. Hal ini menurutnya dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap proses pemilu luar negeri tahun 2024. Mahasiswa luar negeri juga dapat berpartisipasi menjadi bagian dari Bawaslu sebagai Pengawas Pemilu Luar Negeri (Panwaslu LN) berkedudukan di kantor perwakilan Republik Indonesia.

"Bawaslu membuka pintu selebar-lebarnya bagj mahasiwa luar negeri yang ingin terlibat dalam pengawasan," ungkap lelaki asal Jawa Timur itu.

Dijelaskan Totok, Panwaslu LN merupakan petugas yang dibentuk oleh Bawaslu untuk mengawasi penyelenggaraan pemilu di luar negeri. Anggota Panwaslu LN berjumlah tiga orang, yang terdiri atas seorang ketua merangkap anggota, ketua Panwaslu LN dipilih dari dan oleh anggota, dan ketua Panwaslu LN mempunyai hak suara yang sama.

Editor: Jaa Pradana

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu