• English
  • Bahasa Indonesia

Ujian Integritas Pengawas Pemilu Ada pada Pilkada 2020

Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo saat memberikan pengarahan dalam acara Konsolidasi Penguatan Integritas Pengawas Pemilu dalam Penanganan Pelanggaran di Sumatra Selatan, Selasa 3 Desember 2019/Foto: Jaa Pradana

Palembang, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo mengingatkan, ujian integritas para pengawas pemilu berada di lapangan ketika melakukan pengawasan Pilkada Serentak 2020. Dia menegaskan, integritas adalah nilai tertinggi yang harus dimiliki pengawas pemilu.

Dewi berpandangan, nantinya akan banyak godaan-godaan dalam mengawal Pilkada 2020 supaya berjalan dengan jujur, adil, dan demokratis. Dirinya berseru, para jajaran pengawas harus berkomitmen menjaga integritas sampai kapan pun.

"Integritas kita jangan sampai terbeli seumur hidup. Sampai kapan pun nama kita akan tercatat dengan tinta emas," ucapnya dalam acara Konsolidasi Penguatan Integritas Pengawas Pemilu dalam Penanganan Pelanggaran di Sumatra Selatan, Selasa (3/12/2019).

Dewi menyatakan, forum konsolidasi ini merupakan wadah para pengawas pemilu menguatkan kembali pijakan integritas sebelum melangkahkan kaki pada tahun 2020. Tahun depan, lanjutnya, lembaga pengawas pemilu akan kembali bergulat mengawal pemilihan di 270 titik untuk pemilihan gubernur, bupati, dan walikota.

Sementara Koordinator Divisi Pengawasan dan Sosialisasi Bawaslu M Afifuddin menambahkan, kualitas integritas itu seperti kata kerja. Karena itu, dia meyakinkan integritas harus selalu diberi pupuk dan harus dikembangkan terus menerus.

"Integritas kita harus terus dipupuk. Rasa cinta pun begitu. Kalau tidak dipupuk, ada potensi kekeringan dan ada potensi kematian," pungkas Afif.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Jaa Pradana

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu