• English
  • Bahasa Indonesia

Awasi Melekat PSU di TPS 10 Rangkasbitung, Bawaslu Pastikan Tak Ada Kesalahan Berulang

Anggota Bawaslu Lolly Suhenty bersama jajaran pengawas pemilu di Banten mengawasi secara melekat Pemungutan Suara Ulang (PSU) TPS 10 di Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Selasa (20/02/2024)

Lebak, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Anggota Bawaslu Lolly Suhenty bersama jajaran pengawas pemilu di Banten mengawasi secara melekat Pemungutan Suara Ulang (PSU) TPS 10 di Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak. Pengawasan dilakukan supaya tidak terjadi kesalahan lagi dalam proses PSU.

"Bawaslu mengawasi untuk memastikan tidak lagi ada kesalahan yang berulang seperti tanggal 14 (Februari) kemarin, karena PSU tidak boleh berulang. PSU hanya boleh sekali sehingga harus dipastikan betul tidak ada lagi kesalahan-kesalahan yang berpotensi mencederai proses yang ada di TPS 10 ini," papar Lolly di depan TPS 10 Kelurahan Rangkasbitung Barat, Selasa (20/02/2024).

Dalam proses mengawasi, perempuan asal Cianjur itu juga turut didampingi oleh Kapolres Lebak AKBP Suyono serta Camat Rangkasbitung Zakaria Hartanto. Setibanya Lolly di TPS 10 Kampung Dukuh pukul 09:30, tercatat telah ada 98 warga yang telah memilih dari total 188 jumlah daftar pemilih tetap.

Lolly turut mengapresiasi partisipasi warga yang antusias dalam proses PSU karena acapkali antusiasme warga berkurang dalam PSU, terlebih di hari kerja. Dia pun banyak berdialog dengan pengawas pemilu setempat untuk fokus melakukan pencegahan serta menjaga kesehatan masing-masing.

"Pengawasan (PSU ini) juga harus dilakukan karena saat ini sedang ada proses rekapitulasi di tingkat kecamatan, sehinggga seluruh proses PSU, PSL (pemungutan suara lanjutan), PSS (pemungutan suara susulan) itu harus sudah selesai paling lama dalam rentan 10 hari," papar Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Humas itu.

"Ini (pengawasan) harus mejadi fokus supaya tidak menghambat tahapan-tahapan yang berjalan," imbuh Lolly.

Dia juga mengungkapkan, di Provinsi Banten totalnya ada lima PSU dengan rincian satu TPS di Kabupaten Lebak dan empat TPS di Kota Serang yang akan dilakukan pada 21 Februari 2024.

Sementara pada Pemilu 2019, di Kabupaten Lebak ada empat PSU. Lolly memandang jika dibandingkan dengan sebelumnya, kesadaran seluruh penyelenggara pemilu dan warga menjadi sangat baik dalam Pemilu 2024 ini. "Tapi satu PSU (sekarang ini) tidak bisa dianggap remeh, karena satu PSU menyangkut hak pilih warga negara, sehingga proses pengawasannya dilakukan secara maksimal," pungkas dia.

Sebagai informasi, PSU di TPS 10 Kampung Dukuh Kelurahan Rangkasbitung Barat dilaksanakan karena ada satu pemilih yang tidak terdaftar di DPT dan DPTb memilih di TPS setempat pada 14 Februari lalu.

Editor: Rama Agusta
Foto: Jaa Pradana

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu