• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Sosialisasikan Pembinaan dan Evaluasi Tugas Pengawas Pemilu Ad Hoc

Ketua Bawaslu Abhan dalam kegiatan rapat pimpinan Bawaslu April 2021/foto: Publikasi dan Pemberitaan Bawaslu RI

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu menggelar kegiatan sosialisasi pedoman teknis pelaksanaan, pembinaan, dan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas pengawas pemilu serta evaluasi tugas pengawas pemilu ad hoc. Kegiatan ini diikuti oleh 20 Bawaslu provinsi seluruh Indonesia dan dibuka oleh Ketua Bawaslu Abhan melalui virtual, Senin (21/6/2021).

Dalam arahannya, Abhan meminta divisi SDM dan Organisasi Bawaslu provinsi menyiapkan instrumen pedoman yang jelas terkait proses rekrutmen, pembinaan, pengawasan dan evaluasi tugas pengawas ad hoc. "Ini masih jadi kewajiban kita (Bawaslu). Kita harus siapkan berbagai hal terkait instrumen proses rekrutmen jajaran ad hoc," ujarnya.

Dalam proses rekrutmennya, Abhan meminta Divisi SDM dan Organisasi menyiapkan dengan baik. Pasalnya, Pemilu 2024 akan berlangsung dua tahapan. Pertama, Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) yang jatuh bulan Februari 2024. Lalu Pilkada Serentak pada bulan November 2024.

"Karena tahapan pemungutan akan berlangsung dua kali, maka harapan saya dapat terpilih jajaran ad hoc yang berintegritas," ungkapnya.

Meskipun Pemilu 2024 berlangsung dua tahapan, Mantan Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah itu berharap, agar rekrutmen panwas ad hoc untuk Pemilu 2024 dilakukan sekali saja.

"Ini agar rekrutmen berjalan efektif dan efisien," harapnya.

Kepala Biro SDM dan Organisasi Bawaslu Hengky Pramono menyebut kegiatan ini merupakan tindak lanjut Perbawaslu Nomor 15 Tahun 2020 tentang Tata Cara Pembinaan dan Pengawasan Terhadap Pelaksanaan Tugas Pengawas Pemilihan Umum.

"Dalam pelaksanaan pembinaannya, masih banyak yang harus diatur," terangnya.

Sebagai informasi, kegiatan ini berlangsung dua gelombang yang diikuti 34 Bawaslu Provins yang diwakili oleh Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Provinsi. Pada gelombang pertama ini, kegiatan diikuti oleh 20 Bawaslu Provinsi serta menyusul berikutnya 14 Bawaslu provinsi pada Selasa, 22 Juni 2021.

Editor: Jaa Pradana

Fotografer: Rama Agusta

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu