• English
  • Bahasa Indonesia

Pembekalan Penguatan Antikorupsi dari KPK, Abhan: Upaya Kuatkan Integritas Pengawas Pemilu Terus Kami Perkuat

Ketua Bawaslu Abhan saat memberikan sambutan dalam program Penguatan Antikorupsi bagi Penyelenggara Negara Berintegritas (PAKU Integritas) yang diselenggarakan oleh KPK, Kamis 14 Oktober 2021/Foto: Pemberitaan dan Publikasi Bawaslu RI

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Jajaran komisioner beserta lejabat struktural eselon I di lingkungan Bawaslu menghadiri program Penguatan Antikorupsi bagi Penyelenggara Negara Berintegritas (PAKU Integritas) yang diselenggarakan oleh KPK, Kamis (14/10/2021).

Acara yang dipimpin Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar tersebut turut mengundang istri-suami komisioner dan pejabat struktural eselon I Bawaslu. Tujuannya sebagai pembekalan terkait peran pasangan mencegah terjadinya tindakan koruptif bagi penyelenggara negara.

Ketua Bawaslu Abhan dalam sambutannya mengatakan pihaknya punya banyak upaya pencegahan tindak pidana korupsi sebagai turunan dari UU Nomor 7 Tahun 20217 tentang Pemilihan Umum."Fungsi pencegahan korupsi dalam pengawasan pemilu juga kami utamakan," katanya.

Selain itu, ungkap Abhan, pihaknya juga telah memperkuat penguatan jajarannya dalam hal integritas. Pasalnya dia menegaskan, penyelenggara pemilu yang berintegritas adalah kunci suksesnya penyelenggaraan pemilu yang jujur dan adil.

"Upaya untuk terus menguatkan integritas jajaran pengawas pemilu terus kami perkuat," tegas Abhan.

Sebelumnya Lili Pintauli Siregar menerangkan, salah satu modus terjadinya tindak pidana korupsi Penyelenggara Negara adalah pelibatan keluarga. Dia mencontohkan, suami dan istri bersama-sama melakukan korupsi sehingga agenda tersebut sangat penting dalam menanamkan karakter antikorupsi dalam keluarga.

"Sebagai penyelenggara negara, harus memberikan teladan tidak saja kepada orang lain, tapi juga keluarga dalam mencegah korupsi," tandasnya.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Robi Ardianto

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu