• English
  • Bahasa Indonesia

Sosialisasi Politik Uang, Dewi: Jadi Budaya, Padahal Ini Kejahatan Besar

Koordinator Divisi Penindakan Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo menyalami peserta Sosialisasi Gerakan Antipolitik Uang di Magelang, Jawa Tengah, Jumat (30/11/2019) malam/Foto: Reyn Gloria

Magelang, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Jelang Pilkada Serentak 2020, Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo menyosialisasikan gerakan antipolitik uang. Menurutnya kegiatan ini banyak menyasar kepada kaum perempuan yang erat dengan kebutuhan rumah tangga.

Maka dalam kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif, Dewi menekankan, menindak politik uang bukanlah hal mudah. Dia menilai, politik uang sudah menjadi budaya yang lekat dengan masyarakat, bahkan ada sebagian masyarakat menganggap hal tersebut benar.

"Politik uang yang sudah jadi budaya, padahal ini adalah suatu kejahatan pemilu yang besar," ucap Dewi di Magelang, Jumat (30/11/2019) malam.

Walau sudah merajalela, Koordinator Divisi Penindakan Bawaslu ini tetap melihat upaya perbaikan masih mungkin dilakukan. Dirinya mencontohkan dengan memaksimalkan fungsi kader pengawasan pemilu untuk mencegah politik uang.

"Kami harap program ini akan ditangkap organisasi-organisasi masyarakat termasuk organisasi perempuan," tambahnya.

Selain itu, Dewi menjelaskan, tidak hanya perempuan, melainkan pula kaum laki-laki, pemilih pemula, dan kaum disabilitas juga bisa menjadi sasaran politik uang. Maka butuh upaya-upaya pencegahan dengan sosialisasi dan ketegasan sikap untuk menolak.

"Di beberapa tempat saya menyarankan ketika masuk Pemilu secara sukarela bisa memasang spanduk 'disini tolak politik uang'. Kita harus tegas bersikap soal itu," pungkasnya.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Reyn Gloria

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu