• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Petakan Potensi Kerawanan Pengadaan dan Distribusi Logistik Pemilu

Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda menjelaskan potensi kerawanan pada perencanaan pengadaaan dan distribusi logistik Pemilu.dalam diskusi kelompok terpumpun bersama Fakultas Ilmu Sosal dan Ilmu Politik - Universitas Gajah Mada, Kamis (1/12/2022). (Foto: Publikasi dan Pemberitaan Bawaslu RI)
Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum -  Bawaslu memetakan potensi kerawanan pada perencanaan pengadaaan dan distribusi logistik Pemilu. Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda menyebutkan potensi tersebut yakni adanya logistik pemilu yang tidak tepat prosedur, tepat jumlah, tepat jenis, dan tepat waktu. 
 
Potensi kerawanan lainnya, lanjutnya dia, soal jumlah surat suara dan sertifikat berita acara pada saat pencetakan harus sesuai dengan jumlah yang sudah ditentukan dan pendistribusian logistik yang tidak tepat sasaran. Juga, soal penyortiran surat suara.
 
"Mudah-mudahan tidak ada lagi surat-surat suara yang tertukar antardaerah pilihan (dapil)," ujarnya dalam diskusi kelompok terpumpun bersama Fakultas Ilmu Sosal dan Ilmu Politik - Universitas Gajah Mada (FISIP UGM), Kamis (1/12/2022).
 
Potensi selanjutnya, kata pria lulusan Universitas Brawijaya Malang yaitu soal aspek keamanan dalam proses pencetakan pendistribusian dan gudang penyimpanan.
 
Herwyn juga menjelaskan pengawasan pencetakan yang akan dilakukan Bawaslu, tim pengawas mengawasi terhadap kepatuhan penyelenggara dan perusahaan sebagaimana SOP yang diterapkan oleh KPU. Juga, ujar dia, akan dipastikan perusahaan tersebut tidak berafiliasi dengan peserta pemilu. 
 
"Kami akan berupaya melacak data perusahaan pemenang, jangan sampai dia berkorelasi dengan peserta pemilu," tegasnya.
 
Editor: Reyn Gloria
Foto: Robi Ardianto
 
Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu